KITAB

“ FATIHATUL KITAB “

 

Surah Al-Fatihah dinamakan “Sab’ul Mathani” yaitu 7 ayat yang diulang-ulang bacaannya, banyak rahasia yang terdapat di dalamnya.diantaranya dalam surah tersebut tidak ada tujuh huruf hijaiyah, hal ini menggambarkan keadaan manusia di dalam neraka.

1)    Tha – yang mempunyai tiga titik artinya tiada yang wujud, sifat dan af’al melainkan wujud Allah, sifat Allah dan af’al Allah.

Barangsiapa yang mengaku bahwa mereka yang wujud serta mengaku dirinya yang hidup, tahu, berkuasa, berkehendak, mendengar, melihat dan berkata-kata, maka masuklah mereka ke pintu neraka yang pertama yaitu neraka Thawiah.

2)      Jim – maksudnya Allah ta’ala menjadikan manusia beserta dengan hidupnya, adalah semata-mata untuk menyatakan sifat jalal dan jamal dzatullah yang Maha Esa.

Setitik pada Jim itu ibarat tandanya hidup yang ada pada diriNya, adalah nyata bagi ke-dzahiran sifat kebesaran dan kesempurnaanNya. Barangsiapa yang tidak mengenal Allah dan tunduk pada diriNya, maka masuklah ke dalam neraka Jahannam..

3)    Kha – yang diartikan khaliq atau Maha Pencipta. Allah ta’ala men-dzahirkan sifat-sifat hidupNya, tahuNya, kuasaNya dan kehendakNya yang tajalli kepada semua makhlukNya itu adalah semata-mata dzatullah hendak menyatakan kekuasaanNya.

Dia Maha Pencipta, janganlah kemudian tiba-tiba mengaku kita berkuasa dengan mempunyai ikhtiar dan usaha, dan mengaku kita yang hidup, tahu, berkehendak, mendengar, melihat dan berkata-kata, jika demikian maka masuklah mereka menerusi pintu neraka Khalidin.

4)    Zai – yang diartikan zakat atau suci yaitu sifat-sifat hidup, tahu, berkuasa, berkehendak itu adalah sifat yang suci bagi Dzatullah, yang tidak boleh dinodai dengan kekotoran.

Kemudian daripada sifat-sifat tersebut Allah menyatakan zakat, dan sifat rahmanNya pada diri manusia. Jangan Lantaran kita tidak dapat mengenaliNya dan mengaku segala amalan kita yang punya, sehingga beramal karena pahala, bukan karena Allah, maka masuklah mereka ke dalam neraka Zabaniyah.

5)    Syin – yang diartikan syahadah atau alam kenyataan. Dengan maksud tiga titik itu ialah tanda ibarat Dzatullah hendak menyatakan wujudNya, sifatNya dan af’alNya yang ada pada langit, bumi dan di antara langit dan bumi, maka semuanya itu menjadi syahadah wajah zat wajibal wujud.

Kemudian, barang siapa yang menafikannya atau tidak mengenal alam syahadah’ dan tidak dapat bermusyahadah di dalamnya, masuklah mereka ke dalam neraka Syaqawah.

6)    Dza – yang diartikan dzahir, dengan maksud wujudNya, sifatNya, asmaNya dan af’alNya itu dzahir, dapat dilihat menerusi ‘ainul basirah’ atau ‘haqqul basirah’ atau dengan hidup, tahu, berkuasa dan berkehendak yang ada pada diriNya. Kemudian, dengan sifat-sifat kemuliaan ini juga, maka dzahirlah segala kekuasaanNya dan sifat keagunganNya di dalam alam sejagat ini.

Barang siapa yang menafikan atau tidak mau mengenalNya, maka masuklah mereka ke dalam neraka Dzulmah, yaitu senantiasa di dalam hal kegelapan.

7)    Fa – yang diartikan dengan fana atau binasa, dengan maksud hendaklah diri kita senantiasa di dalam keadaan fana atau yang dikatakan ‘fana bisifatillah’ yaitu binasakan hidup kita di dalam hidup Allah, dengan ilmu, kehendak, kuasa, mendengar, melihat dan berkata-kata yang ada pada diri kita ini, binasakanlah ia di dalam ‘ilmullah, qudratullah, iradatullah, sam’ullah, basrullah dan kalamullah.

Maka barang siapa yang tidak mengenal dan tidak dapat memfanakan dirinya sebagaimana yang telah diterangkan tadi, masuklah mereka ke dalam neraka Firqah, yaitu ‘terpisah’ dirinya dengan Allah.

Bahwa mengenal Allah adalah mengenal diri,.oleh karena itu, diri kitalah yang utama yang menjadi dalil akan wujud Allah, bahwa diri kita (jasad) dijadikan oleh Allah, asalnya dari alam yang tiada, kemudian diadakan dan ditiupkan Ruhullah ke dalamnya beserta dengan sifat hidupNya, ilmu, iradah, qudrah, termasuk juga sama’, basar dan kalamNya. Hikmahnya adalah semata-mata Allah hendak menyatakan kekayaanNya, kemurahanNya dan kekuasaanNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: